Jumat, 21 Desember 2012

Makanan khas Korea

Diposting oleh Unknown di 23.28
1. Pyeonsu
Pyeonsu adalah masakan pangsit yang terbuat dari sayur dan dimakan pada musim Yudu yang jatuh pada tanggal 15 Juni kalender bulan. Nama Pyeonsu diberikan karena bentuk masakan ini mirip seperti keping terapung di atas air. Masakan ini diperkenalkan oleh Cina ke Gaeseong yang merupakan kota perdagangan internasional pada zaman dinasti Goryeo sehingga terkenal sebagai masakan dari daerah Gaeseong di bagian utara Semenanjung Korea. Masakan Pyeonsu atau pangsit kuah dingin dibuat dari sayur dan merupakan masakan untuk musim panas.
2. Kimchi
Kimchi adalah makanan tradisional Korea, salah satu jenis asinan sayur hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas. Setelah digarami dan dicuci, sayuran dicampur dengan bumbu yang dibuat dari udang krill, kecap ikan, bawang putih, jahe dan bubuk cabai merah. Sayuran yang paling umum dibuat kimchi adalah sawi putih dan lobak. Di zaman dulu, kimchi diucapkan sebagai chim-chae (Hangul: 침채; Hanja: 沈菜) yang berarti “sayuran yang direndam.” Di Korea, kimchi selalu dihidangkan di waktu makan sebagai salah satu jenis banchan yang paling umum. Kimchi juga digunakan sebagai bumbu sewaktu memasak sup kimchi (kimchi jjigae), nasi goreng kimchi (kimchi bokkeumbap), dan berbagai masakan lain.

3. Gimbap
Gimbap adalah jenis makanan Korea yang terdiri dari nasi yang dibungkus dengan rumput. Gimbap populer sebagai makanan yang dibawa piknik, hiking atau aktivitas lain di luar ruangan. Bahan dasar gimbap adalah nasi, daging, sayuran yang diacar atau yang masih segar. Secara tradisional nasi dibumbui dengan garam dan minyak wijen atau minyak perilla. Isinya pun beragam, mulai dari ikan, daging kepiting, telur atau daging iga sapi yang dibumbui. Sedangkan bahan sayuran adalah ketimun, bayam, wortel dan danmuji (acar lobak).
4. San nak ji
San-nak-ji (산낙지) adalah salah satu makanan yang paling menyenangkan di Korea. Gurita yang masih bayi dibungkus, dan kemudian dimakan mentah-mentah. Mereka akan memotong bit dangly, buang kepala, taburi dengan biji wijen dan sajikan di piring. Walaupun mereka mati, beberapa di antaranya MASIH ADA YANG BERGERAK (Huaaaa..).
5. Jokbal
Jokbal (족발) adalah kaki babi yang direbus dan di asinkan ‘Banyak wisatawan budaya menikmati makanan ini. Seperti Penjelajah, tetapi jokbal (족발) adalah makanan Korea yang dimasak dengan daun bawang, jahe bawang putih, dan anggur beras. Celupkan daging babi lemak bit di ssamjang (쌈장), mungkin membungkusnya dalam sangchu (상추), dan nikmati.



6. Guksu
Guksu atau myeon adalah jenis mie yang terbuat dari tepung gandum atau buckwheat. * Myeon-shinseollo: Guksu yang disajikan dengan kuah kaldu sapi, ditambah paeju, peterseli Jepang dan rebung. *On-myeon: Guksu yang disajikan dengan kaldu sapi ditambah telur dadar dan daging sapi panggang. *Nan-myeon: Guksu dari tepung gandum dan telur yang disajikan dengan kaldu sapi. *Domi-myeon: Guksu yang disajikan dengan campuran daging ikan matahari insang biru, telur dadar, biji gingko, kacang kenari, bola daging goreng dan kacang cemara dalam kuah kaldu sapi.





7. Bulgogi
Bulgogi (불고기) adalah potongan dagind sapi yang dipanggang dengan kecap, minyak wijen, bawang putih, bawang bombai dan lada hitam. Bulgogi berarti “daging api”. Variasinya: daging babi (dwaeji-bulgogi), ayam (dak-bulgogi), dan sotong (ojingeo-bulgogi).







8. Bibimbap
Bibimbap (비빔밥, “nasi campur”) adalah makanan khas kota Jeonju, yaitu nasi yang dicampur berbagai macam sayuran, daging sapi, telur, dan gochujang. Variasi: dolsot bibimbap (돌솥 비빔밥), bibimbap yang disajikan dengan panci batu panas. Yukhoe bibimbap adalah bibimbap dengan daging sapi cincang mentah (yukhoe), ditambah telur mentah di atasnya. Bibimbap dimakan setelah nasi dan lauk diaduk dengan sendok hingga tercampur.
9. Mandu
Mandu adalah jiaozi yang direbus atau dikukus. Bahan kulit mandu dibuat dari tepung gandum atau buckwheat, lalu disajikan dengan berbagai isi lain. Ddeokguk adalah sup kue beras (ddeok).
  • Jangguk-mandu: mandu yang berisi kimchi, daging babi dan tahu.
  • Saengchi-mandu: mandu yang dibuat dari tepung buckwheat dan berisi daging ayam emas, tanaman dropwort (Jepang:Minari), kol dan jamur shiitake lalu direbus dalam kaldu sapi.
  • Donga-mandu: mandu yang berisi dagind ayam, kundur dan pati, lalu dikukus dan direbus dalam kaldu sapi.
  • Pyeonsu: mandu berisi daging sapi, ketimun, kecambah, jamur shiitake dan jamur karang seokiboseot (Jepang:Iwatake).
  • Ddeokguk: sup kue beras dari ddeok (kue beras) yang didihkan bersama kaldu sapi dan disajikan dengan telur dadar serta daging sapi panggang.
  • Eo-mandu: mandu berisi daging ikan, sapi cincang, sayur dan rempah-rempah
10. Namul
Namul adalah jenis sayuran kukus yang dibumbui dengan cabai, bawang putih, bawang bombai, minyak perilla dan minyak wijen (chamgireum). Jenis sayuran dalam namul adalah bayam, lobak, tanaman pakis osmunda regalis, pakis gosari jepang=warabi, zucchini, kecambah, bunga lonceng, rebung dan sebagainya. Seringkali ditambah bahan lain seperti mie kentang dan daging sapi panggang.








11. Gujeolpan
Gujeolpan (구절판) berarti “piring yang terbagi sembilan”, makanan ini terdiri atas beberapa jenis sayuran dan daging yang disajikan dalam lapisan pancake. Gujeolpan biasa disajikan saat perayaan atau acara tertentu seperti pernikahan.







12. Ramyeon
Ramyeon (라면) adalah mie ramen khas Korea, namun agak berbeda dengan ramen dari Jepang. Ramyeon Korea dapat pula berarti mie instan yang dijual kemasan. Ramyeon dimasak dengan kuah yang sangat pedas dan biasanya ditambah sayuran, daging atau kimchi.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Trend Fashion and Style Korea Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea